About us -Indonesian

  1. Pengantar mengenai IPLNET Jepang

Jaringan Pengacara Hak Kekayaan Intelektual Jepang/The Intellectual Property Lawyers Network Japan (“IPLNET”) adalah jaringan nasional yang didirikan pada 8 April 2005 oleh Federasi Asosiasi Pengacara Jepang/Japan Federation of Bar Associations (“JFBA”). Tujuan pendirian IPLNET adalah untuk meningkatkan komunikasi terkait dengan Hukum tentang Hak Kekayaan Intelektual (“HKI”) dan meningkatkan standar pelayanan hukum dalam kaitan yang sama, dengan berupaya untuk memberikan pelatihan, dukungan, dan sumber informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan HKI kepada para pengacara dan industri profesional lainnya.

Prosedur peradilan Jepang terdiri dari tiga tingkatan sistem pengadilan: lima puluh (50) pengadilan negeri, delapan (8) pengadilan tinggi dan Mahkamah Agung. Akan tetapi, pengadilan negeri-pengadilan negeri selain Tokyo dan Osaka, tidak memiliki kewenangan untuk menangani perkara-perkara paten, desain-tata letak sirkuit terpadu dan program komputer.

Sementara itu, kebutuhan akan bantuan hukum terhadap isu-isu HKI bermunculan di seluruh Jepang, dimana pengacara-pengacara HKI lokal diperlukan untuk memberikan saran, mewakili, dan menyelesaikan hal-hal terkait dengan HKI tersebut di dalam yurisdiksi mereka sendiri. Hal inilah mengapa IPLNET didirikan sebagai suatu jaringan pengacara HKI di seluruh negeri yang dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang isu-isu mengenai HKI dengan pengacara-pengacara lain yang ingin mendapatkan pengalaman di bidang tersebut, serta menyediakan forum untuk pengacara-pengacara HKI di lapangan untuk saling mendukung dan bertukar pandangan.

Oleh karena itu, penting bagi IPLNET untuk dapat berkomunikasi secara efisien, memberikan pelatihan dan informasi penting tentang masalah HKI kepada para pengacara dan industri profesional lainnya di seluruh Jepang. Hal ini telah menjadi kerangka kerja yang tetap dan diandalkan untuk meningkatkan pelayanan hukum yang profesional di bidang hukum ini.

Saat ini, lebih dari 1.000 pengacara berpartisipasi dalam IPLNET, dimana banyak kegiatan yang dilakukan melalui jaringan tersebut dan delapan divisi lokalnya (Hokkaido, Tohoku, Kanto-Koshinetsu, Chubu, Kinki, Chugoku, Shikoku, dan Kyusyu-Okinawa) yang terhubung dengan delapan Pengadilan Tinggi di wilayahnya. Delapan divisi lokal tersebut memainkan peranan yang penting untuk melatih para profesional HKI dan memungkinkan IPLNET untuk memberikan respon yang cepat terhadap permintaan bantuan hukum akan hal-hal yang terkait dengan HKI yang tersebar di seluruh negeri.

IPLNET telah mengembangkan berbagai kegiatan internasional seperti pelatihan bagi pengacara-pengacara HKI yang juga dapat menangani kasus-kasus internasional, dan memberikan kontribusi bagi pengembangan sistem hukum HKI melalui pertukaran dan diskusi dengan para pengacara dan hakim dari negara lain seperti dengan cara menjadi tuan rumah bersama dengan JFBA dalam Konferesi Hukum Bersama tentang HKI Jepang dan Amerika pada tahun 2011, dan seminar tentang Sistem Peradilan Paten Eropa Bersatu.

Selain itu, IPLNET yang akan merayakan ulang tahun ke-10 pada tahun depan bersama-sama dengan Pengadilan Tinggi HKI akan menjadi tuan rumah suatu simposium dimana hakim-hakim HKI dari setidaknya lima (5) negara akan berdiskusi dalam suatu panel tentang isu-isu terkait masalah HKI tertentu dari masing-masing negara.

  1. Organisasi IPLNET Jepang

IPLNET Jepang memiliki lebih dari 1.000 anggota, dan mempunyai hampir tujuh puluh (70) direktur terpilih dari 47 prefektur, dua (2) auditor, dan lebih dari sepuluh (10) sekretariat, yang semuanya adalah pengacara-pengacara HKI Jepang. Pengurus utama IPLNET Jepang sejak 11 Juni 2014, dan delapan (8) divisi lokalnya adalah sebagai berikut:

Presiden: Yoichiro Komatsu (Mr.)
Direktur Senior: Wataru Sueyoshi (Mr.)
Sekretaris Jenderal: Izumi Hayashi (Ms.)

org_indonesia

Jika Anda memiliki pertanyaan atau hal-hal yang ingin diketahui mengenai IPLNET Jepang, anda dapat menghubungi Ms. Izumi Hayashi, Sekretaris Jenderal IPLNET Jepang (izumi.hayashi@sakurazakalaw.tokyo).

(2014/10)

aboutus_Indonesian

コメントは受け付けていません。